Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Sunday 12 January 2014
Apakah kamu pernah mendengar nama "Segitiga Bermuda" atau "Bermuda Triangle" atau bahkan "Devil’s Triangle"? Fenomena wilayah berbentuk segitiga di sebelah barat laut samudera Atlantis ini memang menghebohkan dunia, karena "kesuksesannya" melenyapkan sejumlah pesawat udara dan kapal. Kawasan segitiga yang menghubungkan kepulauan bermuda, kota Miami di Florida dan San Juan di Puerto Rico ini dianggap sebagai misteri modern terbesar abad ini!
Keganjilannya dikenal sejak lama
Ternyata keganjilan yang timbul di daerah Segitiga Bermuda sudah pernah ditulis sejak berabad-abad lalu:
  • Christopher Colombus mencatat di buku jurnalnya tertanggal 11 oktober 1942 bahwa, ada kilatan sinar aneh yang menari-nari di cakrawla. Si penjelajah dari Italia ini juga menceritakan bahwa ada cahaya seperti lidah api di langit dan alat kompas yang tiba-tiba ganjil begitu memasuki wilayah ini. 
  • Artikel mengenai legenda Segitiga Bermuda pertama kali ditulis oleh E.V.W Jones tanggal 16 september 1950, yang kemudian muncul dalam beberapa surat kabar.
  • Sea Mystery At Our Back Door” yang ditulis oleh George X Sand pada tahun 1952 untuk Fate Magazine merupakan artikel pertama yang menjabarkan tata letak daerah "Segitiga Maut" ini. 
Tragedi Dalam Misteri Segiga Bermuda
Sampai detik ini, sedah lebih dari 17.700 kapal laut dan pesawat udara hilang tanpa jejak di wilayah Segitiga Bermuda. Beberapa diantaranya termasuk kasus fenomenal, seperti:
  • Hilangnya Flight 19 milik US Navy TBM Avenger : Kesatuan yang terdiri dari 5 pesawat ini terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, Florida Pada Tanggal 5 Desember 1945. Tiba-tiba saja semuanya menghilang tanpa jejak, setelah sebelumnya melaporkan munculnya gejala aneh di wilayah tersebut. Inilah pernyataan flight leader dalam American Legion Magazine April 1962. “Saat itu, kami memasuki lautan air yang tampak berwarna putih, sepertinya ada yang nggak beres. Kami nggak tau ada di mana.” Anehnya, regu penyelamat yang dikirim untuk menjemput flight 19 (yang diperkirakan mengapung di lautan) pun ikut lenyap! Tragedi terbesar itu di anggap sebagai tragedi tanpa diketahui penyebab dan alasannya.
  • Tragedi kapal Mary Celeste: Di dunia pelayaran, tidak mudah melupakan tragedi lenyapnya kapal dan nahkoda Captain Benjamin Brigs ini. Sang nahkoda ditemukan terdampar di lautan pada tanggal 4 Desember 1872, tanpa 7 awak, istri dan anak perempuannya yang ikut lenyap tak berbekas!
  • Kapal Kargo Genesis bermuatan 465 ton hilang pada tahun 1999. Kapal yang berlayar dari Port Of Spain ke St. Vincent ini hilang dan tidak ditemukan walaupun radius pencarian 52.800 km2!
  • Di dunia penerbangan, pesawat jenis Piper PA-32-300 N8224C lenyap disekitar Exumas, kepulauan Bahama pada tanggal 13 November 2003 dan pesawat Piper PA-46-310P N444JH tidak terdeteksi di sekitar wilayah berry pada tanggal 10 April 2007. Keduanya sampai sekarang masih dalam investigasi polisi.
Teori-Teori tentang Segitiga Bermuda
Dengan banyaknya jumlah kecelakaan itu, muncul berbagai spekulasi atau teori tentang kemisteriusan Devil’s Triangle. Di antaranya: 
  • Segitiga Bermuda itu sebenarnya berhubungan dengan kejadian di alam semesta, yaitu dengan munculnya tekanan gas metana yang meluas di beberpa titik benua. erupsi gas metana ini kadang disebut dengan istilah mud volcano dapat menyebabkan air di kawasan tersebut berbusa shingga kapal laut yang besar pun bisa kehilangan daya apungnya dan tenggelam dengan cepat.
    • Fakta yang ditemukan : Teori ini terpatahkan oleh pernyataan situs USGS (United States Geological Survey) beberapa tahun lalu menyatakan bahwa tidak ada bukti kemunculan tekanan gas metana di Segitiga Bermuda dalam kurun waktu 15.000 tahun terakhir
  • Angin topan sebagai penyebab hilangnya pesawat udara dan kapal laut di Segitiga Bermuda .
    • Fakta yang ditemukan : Badai yang dahsyat ini memang sering terjadi di wilayah Atlantis dekat garis ekuator. Badai ini bahkan mampu menenggelamkan kapal sebesar Francisco de Bobadilla dari Spanyol pada tahun 1502. Kapal ini tercatat sebagi korban angin topan terdahsyat sepanjang sejarah.
  • Teori yang mengatakan bahwa kawasan Segitiga Bermuda adalah pusat pangkalan UFO (Unidentified Flying Object) atau makhluk angkasa luar yang nggak mau di usik oleh manusia. Kendaraan apapun yang melewati wilayah ini akan terhisap oleh medan magnet yang sangat kuat yang mampu menarik logam seberat apapun!
    • Fakta yang ditemukan : Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan beberapa fakta yang mengawali hilangnya semua kendaraan tersebut, seperti munculnya benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus.
  • Teori Segitiga Bermuda sebagai pusat bertemunya arus air panas dan arus air dingin yang mengakibatkan pusaran air yang dahsyat yang mampu menghisap benda apapun yang mengapung di wilayah itu.
    • Fakta yang ditemukan : Kawasan ini terletak di perairan Atlantik, antara benua Amerika bagian utara dengan Afrika. Secara mudah, lokasi ini adalah kawasan pertemuan arus panas dari Afrika dan arus sejuk dari Amerika Utara. Nah, pertemuan inilah yang (kabarnya) bisa menyebabkan alat navigasi kompas tidak stabil dan membuat alat transportasi itu kehilangan arah dan “lenyap”!

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR