Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Sunday 20 November 2011
Sebuah film komedi Bollywood yang patut diberi jempol, 3 Idiots. Sebuah film yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani ini menceritakan sebuah kisah tentang kisah hidup 3 mahasiswa Fakultas Teknik dari universitas nomor satu di India berbasis asrama. Ketiga mahasiswa ini bernama Rancho, Raju dan Farhan. Persahabatan ketiga “Idiot” (begitulah julukan atau panggilan jenaka mereka) ini bermulai karena mereka adalah teman sekamar sejak awal perkuliahan.

Adalah Rancho, seorang yang sangat cerdik yang tergila-gila terhadap mesin. Paling senang membongkar mesin yang di temuinya. Terkadang mesin yang di “akali” olehnya akan menjadi sesuatu yang sangat tak terduga, entah menjadi sesuatu yang jauh lebih baik maupun yang rusak dibongkarnya. Seorang yang supel dan cerdik ini memiliki cara pikir yang panjang dan brilian. Menurutnya ilmu pengetahuan sangatlah menarik bagaikan permainan. Namun baginya untuk menjabarkan arti sesuatu, apalah arti sebuah kutipan buku bertele-tele jika hanya dihafal namun tidak di mengerti.  Selain itu, Rancho-lah yang sering memberi wejangan dan nasihat yang cerdas bagi teman-teman dan lingkungannya. All Izz Well (All is Well = Semua baik-baik saja)  adalah mantra yang seringkali  membuat hati, lingkungan dan hidupnya menjadi lebih baik. Mantra tersebut adalah salah satu nasihat yang diajarkannya pada sahabatnya. Menurutnya dalam menjalani hidup kita perlu menipu hati kita bahwa semuanya akan baik-baik saja. Memang tidak akan menyelesaikan masalah, namun membuat hati kita tegar dan berani menghadapi cobaan hidup.

Sang “Idiot” yang kedua adalah Farhan. Seorang mahasiswa yang dituntut oleh ayahnya untuk menjadi insinyur sejak detik pertama ia dilahirkan. Namun tuntutan itu sangat berat baginya karena sesungguhnya ia sangat tidak mengerti permesinan dan mata kuliahnya. Sebenarnya dia bercitacita untuk menjadi seorang fotografer alam liar. Dia juga sempat membuat surat lamaran kerja yang niatnya ingin dikirimnya kepada fotografer alam liar terkenal di kanada. Rancho mengajarkan dirinya untuk berani mengambil pilihan hidup dan menjadikan gairah hidup sebagai profesi kita, maka pekerjaan akan seasyik sebuah permainan. Dari nasihat itu banyak hal yang mengubah kehidupan pribadi dan orang tuanya.

Satu lagi si “Idiot” yang hidupnya dipenuhi ketakutan, Raju. Ia berasal dari keluarga yang sangat miskin. Ayahnya yang sakit stroke, ibunya yang sudah 5 tahun tidak punya “sari” baru karena berpenghasilan sangat memprihatinkan dan kakak perempuannya yang terlambat menikah. Di India, ada tradisi “beli suami” dimana sang calon istri harus memberikan seserahan. Dan karena kurang mampu, kakaknya pun belum bisa menikah. Raju sangat ingin menjadi insinyur dan mendapat banyak uang untuk keluarganya. Oleh karena keterbelakangan kenyataan hidup yang mengerikan itu, Ia pun memuja dewa dan sering berdoa. Begitu sering Ia membakar dupa dan mengenakan banyak cincin jimat.

Tokoh antagonis dalam film ini adalah Pak “Virus” yang disingkat dari namanya, Viru Sahastrabuddhe. Mr.Virus adalah sosok dekan yang sangat keras kepala. Beliau adalah orang yang bersifat kompetitif karena paling tidak suka melihat orang sedikit lebih baik darinya. Sang dekan arogan ini memiliki waktu “cukur jenggot” di ruangnya dan diiringi musik klasik tepat pukul 2 siang. Tokoh ini menggambarkan ciri khas peran antagonis film India yang bermata besar dan sering mengerinyitkan alisnya sambil memasang muka sangar bagaikan monster. Ia memiliki 3 anak perempuan. Yang ketiga adalah Pia, seorang dokter wanita yang bertunangan dengan seorang insinyur kaya , karyawan bank di amerika, yang dulu merupakan murid ayahnya.

Ada pula tokoh lainnya, yaitu Chatur, mahasiswa cupu yang begitu sombong dan menyebalkan akan kepintarannya. Tokoh yang sebenarnya rajin belajar namun berkarakter aneh. Chatur sangat senang mencari perhatian para dosen dan sok tahu. Ia sangat sering menyepelekan para “Idiots”. Oleh karena itulah Ia sering diejek oleh ketiga “Idiots”.

Demikianlah perkenalan tokoh terpenting film 3 Idiots dari saya. Selanjutnya saya akan menceritakan cerita singkat alurnya di Part 2.

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR