Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Monday 3 November 2014
Virtual reality bakal kembali dalam cara yang sangat menakjubkan dengan kehadiran Oculus Rift, perangkat yang diperkenalkan di Consumer Electronics Show, Las Vegas, Nevada. Oculus Rift adalah Head-mounted Virtual Reality Display  (sebuah display yang langsung dikenakan didepan mata), yang dalam bahasa Indonesia dapat ditranslasikan sebagai layar virtual reality yang dipasang di kepala. Oculus Rift dilengkapi dengan head tracking, yg akan mengikuti pergerakan kepala kita. Pandangan kita dalam game menyesuaikan dengan pergerakan kepala kita, menunduk/menoleh dan menengadah. Virtual reality adalah simulasi keberadaan fisik suatu tempat dan objek yang dilakukan oleh komputer. Secara sederhana, Oculus Rift adalah sebuah layar komputer berbentuk kacamata yang ditempelkan di kepala dengan tali elastis. Masing-masing mata melihat pada layarnya tersendiri, dan menghalangi semua pandangan selain pada layar. Gambar yang ditampilkan tidaklah sama persis, layar kiri menunjukkan lebih banyak area di sebelah kiri dan sebaliknya untuk yang kanan. Saat menggunakan alat ini, otak anda menangkap kedua gambar dan menyatukannya menjadi sebuah gambar yang mensimulasikan jarak pandang mata bagaikan melihat sebuah benda di dunia nyata.

Oculus Rift juga dapat melacak pergerakan kepala, yang memungkinkan anda untuk menoleh dan melihat sekeliling di dalam game. Alat ini mendeteksi apakah anda melihat ke atas, bawah, kiri, kanan, dan juga ketika anda memiringkan kepala ke kanan atau kiri dan menyesuaikan tampilan pada layar. Hal ini dapat dilakukan menggunakan kombinasi dengan kombinasi 3 poros Gyroscope, Accelerometer, dan Magnetometer. 
Oculus Rift tampak seperti sepasang kacamata ski. Di dalamnya terdapat dua lensa, satu untuk setiap mata, yang mengarah pada layar LCD tunggal. Layar akhir akan menjadi 7 inci, sedang prototipe yang diuji 5,6 inci. Layar itu memberikan dua gambar terpisah, satu untuk masing-masing mata, sehingga pengguna mendapatkan stereoscopic 3-D. Occulus Rift versi developer kit memiliki resolusi "HD" sebesar 1280 x 800 atau 640 x 800 per mata. Nantinya, di versi final, resolusi tersebut bakal ditingkatkan menjadi 1920 x 1080 yang berarti menambah beban.

Inilah yang menakjubkan, yakni sensor di accelerometer dangyroscope yang masuk ke dalam game PC. Ketika pengguna memutar kepala, pandangannya bergerak hampir sempurna dengan alat ini, 360 derajat, serta pandangan ke atas dan ke bawah. Situs Oculus mengatakan Rift menggunakan teknologi pelacakan khusus yang membuat latency pelacakan kepala 360 derajat sangat rendah sehingga memungkinkan pengguna secara mulus melewati dunia maya seperti di kehidupan nyata. Setiap gerakan halus kepala pengguna dilacak secara real time sehingga menciptakan pengalaman alami dan intuitif.

Perangkat canggih ini bekerja seperti sebuah peripheral. Anda menghubungkan ke komputer Anda dan bermain game PC dengannya. Ia membutuhkan sebuah PC gaming berkemampuan besar pada saat ini. Oculus Rift dimulai sebagai proyek hobi Palmer Luckey. Pria ini mengawali idenya dengan membongkar smartphone dan lantas membuatnya sebagai pendahulu Oculus Rift. Kemudian proyek itu digarap Kickstarter, sebuah platform pendanaan terbesar di dunia untuk proyek-proyek kreatif yang kabarnya telah dipatenkan oleh Facebook.
Pengguna yang memakai Oculus Rift akan masuk ke dunia yang sama sekali baru. Gerakan tubuh mereka bakal merespons seperti di dunia nyata. Sangat nyaman dan alatnya tidak terlalu berat, hanya 369 gram. Benar-benar seperti kacamata ski. Rift menyediakan sudut pandang sekitar 110 derajat. Kombinasi sudut pandang lebar dengan pelacakan kepala dan stereoscopic 3D inilah yang diklaim pengembangnya menciptakan pengalaman virtual reality masa depan.

Satu-satunya masalah adalah kecenderungan untuk memindahkan seluruh tubuhnya dan bukan hanya headset. Jika Anda bersandar untuk melihat sekitar sudut, misalnya, headset tidak dapat menerjemahkannya ke dalam gerakan dalam game. 
Development Kit diharapkan keluar bulan Maret dan perusahaan berharap versi consumer product dapat dirilis tidak terlalu lama pada tahun ini. Oculus mengatakan harganya sekitar US$ 300. Ini adalah pergerakan paling inovatif pada dunia Game saat ini.


Kelebihan dan Kekurangan Oculus Rift:

Kelebihan dalam menggunakan alat ini,diantaranya
  • kualitas grafis terbaik
  • Pengguna serasa masuk kedalam game tersebut
  • Memperluas bidang pandang game
  • Kontrol dapat dilakukan lewat gerakan kepala sehingga memberi kesan nyata

Sebagai alat ciptaan menusia terutama baru saja dikembangkan maka oculus rift tak lepas dari ketidak sempurnaan. Berikut kekurangan dari penggunaan alat oculus rift
  • Sebaiknya tidak diperbolehkan untuk usia lanjut, penyandang penyakit jantung, vertigo, ayan, hipertensi, dll karena efek dari bermain game pada Oculus Rift dapat membuat reaksi berlebihan seperti shock, kaget, takut, mual, dll.
  • Game yang didukung pada Oculus Rift masih sedikit dan harga satuan gamenya cukup mahal karena pengembangannya juga masih baru.
  • Penyebaran alat belum merata diseluruh dunia
  • Harga cenderung mahal
  • Pengguna tidak peka dengan lingkungan sekitar sehingga ia tak akan menyadari suatu kejadian darurat disekitarnya
  • Mempercepat kerusakan mata karena jarak pandang mata terlalu dekat
  • Pengguna akan mengalami krisis interaksi sosial
Masa Depan Oculus Rift
Selain perkembangannya dalam dunia gaming, saya rasa Oculus Rift dapat digunakan dalam berbagai macam kegunaan lain. Simulator misalnya, alat latihan yang tersedia selama ini menggunakan layar dapat digantikan dengan Oculus Rift untuk mendapatkan immersion lebih dalam. Kegunaan virtual reality tidak terhenti di sini, pengembang masih dapat menggunakannya untuk berbagai hal lain baik entertainment atau bisnis. Selain itu cara kerja Oculus rift ini dapat dikembangkan dan diaplikasikan dalam pengoperasian alat jarak jauh seperti kontrol pesawat tempur tak berawak, kontrol robot dan yang lainnya.

1 comment:

  1. keren banget emang teknologi ini, nyobain oculus ride di booth Kopiko kemarin pas dateng ke Jakcloth jd pengen banget punya deh ..
    info buat yg penasaran kaya gue sbelumnya mnding buruan nyobain deh, ada hadiah ransel jg buat yg ngetweet selfie di kuisnya

    ReplyDelete

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR