Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Saturday 6 October 2012
PENGERTIAN ORGANISASI
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah : 
    1. Kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu.
    2. Kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
  • Adapula definisi dari beberapa ahli yang dikutip artikel wikipedia.com tentang definisi organisasi:  
    • Menurut Keith Davis, organisasi pada dasarnya tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
    • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
    • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
    • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
    • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
MANAJEMEN DAN ORGANISASI 
  • Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan". Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manajemen adalah :
    1. penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.
    2. pimpinan yg bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.
  • Manajemen di semua bisnis dan kegiatan organisasi adalah tindakan membuat orang bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan tujuan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif.
  • Manajemen adalah seni dan ilmu mendapatkan sesuatu melalui orang lain, umumnya dengan mengorganisasikan dan mengarahkan kegiatan mereka pada pekerjaan.
  • Menurut beberapa ahli:
    • Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
    • Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
    • Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi” Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.
    • Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
  • Secara garis besar, kita dapat menarik kesimpulan bahwa manajemen merupakan ilmu, seni maupun kegiatan mengatur, mengorganisasikan, mengawasi, mengontrol sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama untuk mencapai sasaran yang efektif dan efisien. 
  • Dengan manajemen dan organisasi, manusia dapat belajar mengatur dan mengorganisasikan segala sesuatu untuk merencanakan tahapan menuju pencapaian suatu tujuan yang terorganisir. Adapun fungsi yang dapat diambil dari manajemen, yakni:
    • Belajar mengatur dan mengorganisasikan tujuan
    • Menentukan tahap demi tahap yang terbaik untuk mencapai sasaran
    • Membentuk pribadi yang teratur dan terorganisir
    • Mencapai usaha secara efisien dan efektif
    • Belajar bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama
    • Menggali pengalaman berorganisasi dan memanajemen yang berguna untuk masa depan di dunia perkantoran maupun masyarakat
MANAJEMEN DAN TATA KERJA
  • Sinonim kata dari tata kerja adalah metode. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metode adalah: 
    1. Cara teratur yg digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan;  
    2. Ling sikap sekelompok sarjana thd bahasa atau linguistik, msl metode preskriptif, dan komparatif.
    3. Prinsip dan praktik pengajaran bahasa, misal metode langsung dan metode terjemahan.
  • Berdasarkan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa tata kerja berkaitan erat dengan manajemen. Untuk melaksanakan suatu manajemen, tata kerja diperlukan untuk mengatur kaidah dan metode yang dirancang sistematis untuk memudahkan manajemen.
  • Manfaat hubungan tata kerja dan manajemen:
    • Mengatur, mengolah, dan membuat sistem manajemen untuk mempermudah pekerjaan
    • Mencegah terjadinya bentrok dalam sistem kerja
    • Meminimalisasikan terjadinya  kesalahan dalam sistem kerja manajemen
    • Mempermudah koordinasi dan pengawasan tata kerja
    • Hasil manajemen yang disertai tata kerja akan lebih efisien dan efektif
MANAJEMEN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
Telah dibahas sebelumnya tentang manajemen, organisasi serta tata kerja. Maka, kali ini akan dibahas apa hubungan timbal balik antara ketiga masalah tersebut?
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
  2. Organisasi : Alat atau wadah bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
  3. Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dalam setiap organisasi pasti ada pembagian "jabatan" dari ketua, wakil, bendahara, sekretaris, seksi ini, seksi itu, dll. Untuk membentuk tingkat jabatan tersebut, biasanya diambil dengan cara voting, pengajuan diri, penunjukkan, dll. Hal ini dapat dikategorikan dalam awal mula tata kerja, dimana setelah penentuan jabatan, tentu diperlukan suatu rencana program kerja yang disusun sedemikian rupa.

Dengan tata kerja, dapat direncanakan tahap demi tahap sistemasi bagi masing-masing jabatan organisasi agar terencana, teratur, terata dan terorganisir. Tanpa sebuah tata kerja, organisasi tidak akan berjalan baik karena tata kerja merupakan sistem yang mengatur suatu organisasi. Sehingga tata kerja yang kurang baik dapat meruntuhkan manajemen dan organisasi. Adapula contoh tata kerja koperasi yakni pembagian jadwal piket, jadwal jaga, pembagian panitia acara besar, dll.

Adapula manajemen yang digunakan oleh organisasi dan tata kerja untuk mengatur, mengawasi, mengendalikan, "memotori", dan melaksanakan tugas secara efisien dan efekif untuk mencapai tujuan bersama. tanpa manajemen, sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik. Contoh manajemen dalam -misalnya- koperasi adalah pengecekkan dan pengawasan pengeluaran dan pemasukkan dana yang berputar dalam buku besar dan kas koperasi.
MENGAPA JURUSAN SITEM INFORMASI BELAJAR TENTANG "TEORI ORGANISASI UMUM"?
Organisasi di zaman modern ini adalah hal yang tidak asing lagi di kehidupan kita. Dari kalangan terdekat yang dapat kita temukan adalah Organisasi masyarakat yakni RT/RW. Namun untuk skala bisnis dan perusahaan, organisasi adalah objek yang wajib ditekuni bagi setiap "member" alias workers atau karyawan. Sebagian besar dari kita pasti ingin menjadi seseorang yang berjabatan tinggi dalam organisasi dunia perusahaan, karena semakin tinggi jabatannya, semakin besar pula penghasilannya.

Sistem Informasi adalah jurusan yang sangat luas dan acceptable bagi seluruh perusahaan di dunia, karena orang lain berpikir bahwa lulusan SI "pasti" biasa berkutat dan "ahli" dengan komputer, serta memahami segala aplikasi yang diperlukan dalam dunia perusahaan. Apalagi jurusan SI bisa dipastikan dapat memahami software-software berbasis informasi, akuntansi, manajemen, dll yang tentunya sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Tidak heran bahwa lulusan SI banyak yang berlayar di dunia perusahaan ternama.

Oleh karena itu, agar nantinya lulusan SI dipandang baik, maka seluruh mahasiswa/i SI "dibekali" ilmu tentang organisasi secara umum agar tidak "kaget" bila mengarungi dunia organisasi bisnis dan perusahaan di masa depan. Apalagi perusahaan di mana pun, memerlukan sesorang yang mampu berbaur dan beadaptasi serta ulet dalam dunia organisasi. Hal ini pula diperlukan agar nantinya diharapkan bagi lulusan SI dapat menjadi petinggi bahkan pemimpin sebuah perusahaan ternama dan mengharumkan nama jurusan serta Univeritas Gunadarma.
RANGKUMAN
  • Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. 
  • Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja).
  • Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
REFERENSI
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
  2. http://carapedia.com/pengertian_definisi_manajemen_menurut_para_ahli_info404.html
  3. http://kbbi.web.id/
  4. http://she2008.wordpress.com/2010/01/17/hubungan-timbal-balik-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR