Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Saturday 26 April 2014

A.  IDENTITAS BUKU :
  • Judul buku : Harry Potter dan Batu Bertuah (Harry Potter and The Sorcerer Stone)
  • Pengarang : J.K. Rowling
  • Penerjemah : Listiani Srisani
  • Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit : Desember 2000 (cetakan keenam)
  • Tempat terbit : Jakarta
  • Tebal : 384 halaman, 20cm
  • Harga buku = Rp. 42.000
  • ISBN: 979-655-851-3

B.  JENIS BUKU :
Fiksi, Fantasi

C.  KUTIPAN SINGKAT :
Di masa-masa yang gelap, Lord Voldemort, dianggap sebagai penyihir gelap yang paling jahat dan kuat dalam sejarah. Ia senang merekrut penyihir-penyihir hebat di dunia sihir yang menimbulkan pertempuran antara penyihir putih dengan para pelahap maut. Ketika itu ia hendak merekrut  pasangan suami-istri  James dan Lily Potter, yang merupakan penyihir hebat dari Hogwarts di masa itu, mereka menolak ajakan gelap sang Lord Voldemort. Maka ia murka dan membunuh kedua pasangan tersebut. Harry Potter, bayi dari pasangan James dan Lily Potter, hampir saja terbunuh pada saat pertempuran itu. Tapi ajaibnya ketika mantra kutukan kematian dilakukan Voldemort kepada dirinya, kutukan tersebut malah berbalik arah menyerang Voldemort sendiri sehingga jiwanya terlepas dari tubuh asli, sedangkan Harry selamat dengan hanya meninggalkan bekas luka seperti sambaran kilat dikepalanya, inilah yang membuat Harry mendapat julukan "anak laki-laki yang hidup". 
Sementara dunia sihir merayakan kejatuhan Voldemort, Profesor Dumbledore , Profesor McGonagall, dan Rubeus Hagrid si setengah raksasa menempatkan sang bayi yang sebatang kara tersebut di depan rumah paman dan bibinya, pasangan Muggle (non-penyihir) bermuka masam dan dingin, yakni Vernon dan Petunia Dursley yang beralamat di Four Privet Drive.
Maka cerita dimulai dengan menceritakan kehidupan Mr. dan Mrs. Dursley, suami-istri yang tak percaya dengan segala sesuatu yang ajaib/misterius. Pada suatu pagi, Mrs. Dursley dikejutkan dengan adanya bayi tergeletak di depan pintu rumahnya. Maka dimulailah kehidupan Harry  di bawah "asuhan" dan intimidasi anak pasasangan Dursley, Dudley. Selama sepuluh tahun disana, Harry belum pernah diperlakukan secara baik, bahkan Dudley, anak super gemuk yang juga sepupu Harry selalu berbuat keras terhadap dirinya dan tersiksa oleh keluarga Dursley dan diperlakukan lebih sebagai budak dari anggota keluarga. 
Sesaat sebelum ulang tahunnya yang kesebelas, serangkaian surat yang ditujukan kepada Harry tiba tetapi paman Vernon menghancurkannya sebelum Harry bisa membacanya. Namun surat tersebut kian datang terus-menerus, maka untuk menghindari serbuan surat, Vernon membawa keluarganya ke hotel dan ketika surat-surat tiba di sana juga ia memaksa mereka semua untuk pergi sebuah pulau kecil. Pada hari ulang tahun kesebelas Harry pada tengah malam, Seorang manusia setengah raksasa tiba-tiba mendatanginya dan mengatakan bahwa Harry seorang penyihir. Langsung saja paman dan bibinya kaget bukan main. Bagaimana mungkin rahasia yang mereka jaga selama sepuluh tahun terungkap begitu saja kalau Harry Potter adalah seorang penyihir. Harry langsung dibawa dan diperkenalkan dengan sebuah sekolah sihir bernama Hogwarts dan segala komunitas sihir yang selama ini bersembunyi. 
Dari sinilah petualangan Harry dimulai, diawal masanya di Hogwarts Harry telah banyak dikenal, bukan saja karna latar belakangnya yang telah mengalahkan penguasa kegelapan pada umur satu tahun, tapi juga karna bakat sihirnya yang tinggi. Selain itu, Harry juga mahir dalam mengendarai sapu terbang sehingga terpilih menjadi Seeker (semacam kapten) di Olahraga sihir bernama Quidditch.
Disisi lain kehidupannya di Hogwarts, Harry tinggal di asrama Gryffindor bersama dua sahabat baiknya, Ronald Weasley yang terkenal konyol dan lucu serta Hermione Granger yang cerdas luar biasa walaupun berdarah muggle (muggle: bukan dari keturunan penyihir). Selain sahabat, ternyata Harry juga mempunyai musuh di Hogwarts. Adalah Draco Malfoy, anak asrama Slytherin yang berwajah pucat dan Severus Snape, seorang guru ramuan Hogwarts yang dulu sempat mengabdi menjadi pelahap maut. Mereka berdua sering ingin mencelakai Harry, namun sayangnya selalu gagal.
Di akhir kisahnya, Harry berhasil tahu bahwa ada seseorang yang ingin mencuri “SORCERER STONE”, batu bertuah, yang disembunyikan di Hogwarts. Air yang dihasilkan batu itu bisa membuat peminumnya berumur panjang. Itulah yang diincar Voldemort, musuh yang telah membunuh kedua orang tua Harry. Namun, Harry, Ron dan Hermione bisa menggagalkan rencananya. Harry nyaris saja kehilangan jiwanya ketika tiba- tiba bekas lukanya begitu sakit saat berhadapan dengan Voldemort yang merasuki tubuh Quirrel. Harry nyaris tak tertolong jika saja Dumbledore, kepala sekolahnya tidak datang pada saat yang tepat untuk menolongnya.  

D.   PENILAIAN BUKU

Kelebihan
  • Gaya bahasa yang unik, mudah dicerna dan lugas membuat buku ini cocok dibaca untuk segala usia
  • Walaupun diterjemahkan dari bahasa Inggris, namun gaya bahasa yang digunakan oleh pengarang sangat lugas dan sederhana, sehingga maksud yang akan disampaikan mudah dicerna
  • Penokohan protagonis dan antagonis yang digambarkan secara jelas dan mendetail secara unik,
  • Mempunyai plot (alur) yang teratur dan saling terhubung, sehingga antara sebab dan akibat dapat dengan mudah dianalogikan oleh pembaca,
  • Kejadian-kejadian yang diceritakan mudah di imajinasikan dan fantastik seolah-olah pembaca benar-benar menyaksikan bahkan ikut bertualang didalam cerita ini,
  • Diselingi humor dan aksi-aksi konyol dari pemeran pembantu sehingga sangat menghibur dan tidak membosankan pembaca.
  • Penyajian konflik dan klimaks yang sangat menarik, membuat para pembaca selalu puas dengan akhir cerita serta  mampu membuat pembaca penasaran.

Kekurangan
Sangat sulit menemukan kekurangan dari karangan J.K Rowling ini. Hanya saja jika ditinjau  lebih dalam, maka berikut beberapa kekurangannya:
  • Novel ini mempunyai tokoh pembantu yang sangat banyak dengan nama-nama Inggris yang sulit diingat, terutama bagi anak-anak.
  • Dibandingkan dengan novel-novel Harry Potter yang lain, novel ini mempunyai desain cover yang kurang menarik, dan bahan kertas yang digunakan juga kurang berkualitas.
  • Terdapat cerita yang merujuk pada perkelahian, kesombongan, penindasan, permusuhan bahkan pembunuhan.

Ajakan
Semangat, harapan, kasih sayang, serta persahabatan dan CINTA yang ditunjukkan oleh Harry Potter benar-benar menyentuh. Ia anak yatim piatu yang tabah dan berani dalam menghadapi berbagai cobaan. Bacaan ini menarik bagi pembaca yang menyukai cerita misteri dan imajinasi. Cerita dari novel ini memberi amanat agar tidak mudah berburuk sangka pada orang lain. Novel ini menggambarkan tentang persahabatan manis yang terjalin antara Harry Potter, Ronald Weasley dan Hermione Granger sehingga pembaca diharapkan mampu mencontoh sifat baik mereka.
Oleh karena itu, novel ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mudah putus asa dalam menjalani kehidupan dan sangat disarankan bagi Anda yang menyukai segala hal yang berbau “sihir”, imajinasi, atraksi dan fantasi. Novel ini digemari dari kalangan anak sekolah dasar bahkan sampai kalangan kakek-nenek. Tentunya Anda tak mau kalah dari anak SD ataupun kakek-nenek kan? Dijamin, Anda akan sangat puas setelah membaca novel ini.

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR