Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Saturday 23 March 2013
TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 2
BAB 1 - RUANG LINGKUP EKONOMI

A. Definisi dan Metodologi Ekonomi
Ekonomi merupakan ilmu sosial yang menganalisa seputar produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani Kuno οἰκονομία (oikonomia, "manajemen rumah tangga, administrasi"). Kata oikonomia merupakan dari penggabungan kata οἶκος (oikos, "rumah") dan νόμος (nomos, "adat, aturan" atau "hukum"), secara singkatnya merupakan "aturan dan atau manajemen rumah tangga".
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ekonomi /eko·no·mi/ /ékonomi/ merupakan: 
  1. ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (spt hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan); 
  2. pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dsb yg berharga; 
  3. tata kehidupan perekonomian (suatu negara); 
  4. cak urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara);
Sedangkan "Metodologi Ekonomi" merupakan ilmu yang mempelajari metode, terutama metode ilmiah, yang berhubungan dengan ekonomi, termasuk dasar-dasar yang mendasari pertimbangan ekonomi. 

B. Masalah Pokok Ekonomi dan Pengaruh Mekanisme Harga
I. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Klasik
Dari keterbatasan sumber daya dan keinginan yang tidak terbatas muncullah masalah pokok ekonomi. Menurut teori ilmu ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi masyarakat dapat digolongkan kepada tiga permasalahan penting, yaitu masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi.

a. Masalah produksi
Untuk mencapai kemakmuran, barang-barang kebutuhan harus tersedia di tengah masyarakat. Karena masyarakat sangat heterogen, maka barang-­barang yang tersediapun beragam jenisnya sehingga muncul permasalahan bagi produsen, yaitu barang apa saja yang harus diproduksi. Munculnya pertanyaan tersebut di atas tidak lain karena heterogennya masyarakat. Dengan demikian, tentu menimbulkan permasalahan bagi produsen dan menimbulkan kekhawatiran apabila memproduksi suatu barang tertentu, Dengan demikian, tentu menimbulkan permasalahan bagi produsen dan menimbulkan kekhawatiran apabila memproduksi suatu barang tertentu, tetapi tidak dikonsumsi masyarakat. 
b. Masalah distribusi
Agar barang/jasa yang telah dihasilkan dapat sampai kepada orang yang cepat, dibutuhkan sarana dan prasarana distribusi yang baik. Contoh, dari kebun hasil panen perlu alat angkut yang ditunjang prasarana jalan yang baik agar hasil panen dapat sampai ke tangan konsumen dan tidak tertimbun di produsen.

c. Masalah konsumsi
Hasil produksi yang telah didistribusikan kepada masyarakat idealnya dapat dipakai atau dikonsumsi olch masyarakat yang tepat dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tepat pula. Persoalan yang muncul apakah barang tersebut akan dikonsumsi dcngan tepat oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkannya atau menjadi sia-sia karena tidak terjangkau oleh masyarakat sehingga proses konsumsi tidak berjalan sebagaimana mestinya?

2. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Aliran Modern
Para ahli ekonomi modern sepakat bahwa dengan sumber daya yang tersedia, paling sedikit ada tiga masalah pokok yang dihadapi setiap perekonomian dan harus dipecahkan olch masyarakat sebagai subjek ekonomi. 

a. Barang dan jasa apa yang akan diproduksi dan berapa banyak? (what and how much?)
Dalam sisi produsen, pertanyaan ini menyangkut masalah apa yang harus diproduksi, berapa jumlah barang yang akan diproduksi serta alternatifnya. Mengingat bahwa sumber produksi yang tersedia terbatas dan penggunaannya bersifat alternatif, maka masyarakat harus menentukan jenis dan jumlah barang dan jasa yang akan diproduksi. 

b. Bagaimana cara memproduksi? (how?)
Pertanyaan ini menyangkut Bagaimana barang-barang itu diproduksi, faktor-faktor produksi, teknologi apa yang digunakan dan kemampuan mengombinasikan faktor-faktor produksi atau sumber daya yang ada di dalam proses produksi. Dengan keterbatasan sumber daya ekonomi yang tersedia para produsen harus mampu menciptakan teknik produksi yang efisien.

c. Untuk siapa barang atan jasa dihasilkan? (for whom)
Pertanyaan ini menyangkut masalah untuk siapa atau lapisan masyarakat mana yang menikmati barang dan jasa yang diproduksi. 

Ketiga masalah di atas yaitu what, how dan whom bersifat bekaitan satu dengan yang lainnya serta selalu dihadapi oleh setiap negara, baik negara sedang berkembang maupun negara yang sudah maju. Namun, tidak semua perekonomian dapat memecahkan ketiga masalah tersebut dengan cara yang sama.

Dalam memecahkan masalah pokok tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya : 
  1. Kebiasaan dn tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat primitif. 
  2. Insting yang biasa dilakukan  
  3. Komando yang dilakukan dalam masyarakat dimana diktator berkuasa. 
  4. Mekanisme harga yaitu proses yang berjalan atas dasar gaya tarik menarik antara konsumen dan produsen baik dipasar output maupun input. 
C. Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. 
1. Sistem perekonomian kapitalisme
Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian. Sistem ekonomi ini mengakui adanya hak milik swasta atas alat-alat produksi untuk tujuan mencari laba dalam kondisi persaingan.

2. Sistem perekonomian sosialisme
Sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air, listrik, telekomunikasi, gas, dan lain sebagainya.

3. Sistem perekonomian komunisme
Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. Sistem perekonomian tersebut memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dngan campur tangan pemerintah. Sistem ekonomi yang menganut paham bahwa setiap orang hidup dan bekerja berdasarkan moto “From each according to his ability, to each according to his needs”.
Kesimpulan
Setelah menguraikan secara singkat diatas tentang RUANG LINGKUP EKONOMI, saya dapat menyimpulkan sebagai berikut :
  • Ekonomi adalah semua hal yang menyangkut aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksidistribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa
  • Dari keterbatasan sumber daya dan keinginan yang tidak terbatas muncullah masalah pokok ekonomi. Menurut teori ilmu ekonomi klasik, masalah pokok ekonomi masyarakat dapat digolongkan kepada tiga permasalahan penting, yaitu masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi.
  • Permasalahan ekonomi terdapat 3 hal penting, yakni ;  What, how, dan who.
  • Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Sistem ekonomi dapat dibedakan antara lain. kapitalis, sosialis, komunisme

Referensi :

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

BLOG ARCHIVE

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR