Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Saturday 28 April 2012
Kali ini, saya akan membuat postingan tentang "Kesan dan Pesan" saya pribadi terhadap kegiatan di  Laboratorium Internet Dasar  yang belakangan ini dilaksanakan di Kampus D Universitas Gunadarma tepatnya di Gedung 3 Lantai 2. Postingan ini saya buat sebagai tanggung jawab dari Laporan Akhir "nomor 3" dari materi "Search Engine" yang diberikan oleh Kak Arrum kemarin Sabtu (21/04/2012).  Sedangkan nomor 1 serta nomor 2 dari soal Laporan Akhir, dapat di lihat pada postingan saya kemarin malam, yaitu: "Arsitektur Search Engine"  dan "Cara Efektif Menggunakan Search Engine". 

  • Kesan :
Selama kurang lebih satu bulan ini, sesuai jadwal kelas, saya mengikuti kegiatan di Laboratium Internet Dasar di Kampus D. Sebelum mengikuti kegiatan Lab, awalnya saya kira karena "judulnya" adalah "Internet" di Kampus D yang fasilitas wi-fi nya sering dibicarakan, maka fasilitas yang akan disediakan adalah komputer berteknologi "wi-fi". Namun sayang sekali ternyata tidak sebanding dengan yang pernah saya pikirkan sebelumnya. Komputer dalam "secara fisik" yang terlihat cukup banyak, namun setelah dilihat lebih dekat ternyata ada yang CPU-nya rusak, mouse-nya dan/atau keyboard-nya tidak ada, dll. Memang sih, untungnya ada beberapa komputer yang bisa nyala dan terhubung dengan internet. Sehingga lumayan (jadi rebutan) untuk mencari bahan artikel yang dapat membantu untuk menjawab pertanyaan tugas pendahuluan.

Namun dibalik kekurangan fasilitas secara teknologi, yang cukup baik dalam Laboratorium Internet Dasar ini, adalah kegiatan belajar mengajar antar tutor dan mahasiswanya. Tutor yang mengajar dan membimbing kegiatan selama ini yang saya ingat adalah ketua laboratorium Ahmad Fauzi serta Kak Arrum. Menurut saya cara penyampaian tutor-tutor tersebut cukup baik, karena cara yang dilakukan dalam penyampaian materi cukup menarik karena diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan dimana yang bisa dan berani maju untuk menjawab (apalagi boleh "nyontek" catatan maupun handphone), mendapat kesempatan memperoleh poin +10 maupun +max. 

Yang lebih unik lagi, pada pertemuan terakhir Materi Search Engine, Kak Arrum mengadakan kuis tanya jawab per kelompok baris tempat duduk masing-masing 5 orang, dengan permainan asah kata Teka Teki Silang (TTS). Kebetulan saya adalah salah satu dari Kelompok 4  bersama Yessy Oktavyanthi, M. Rifai Soleh, Ninda Sarwiyani dan Nico Purmalingga. Karena kami serta Kelompok 1 bernilai seri (mampu mengisi 4 pertanyaan TTS), kami dan Kelompok 1 mendapat poin +max. Hehehe.
  • Pesan :
    • Jadwal kelas saya adalah pukul 3.30 sore di hari Sabtu. Padahal hari Sabtu kelas saya (1KA21 nomor absen 25 dst) koaong dan tidak ada kelas lain. Padahal di awal pengumuman lewat lembaran, seharusnya kami dijadwalkan hari Kamis. Namun ternyata diundur hari Sabtu sore, yang biasanya adalah hari tenang ataupun saat untuk kerja kelompok atau membuat tugas lain. Padahal ada beberapa dari kami (termasuk saya) yang nge-kos tapi pulang setiap weekend. Apalagi bila tempat tinggalnya jauh, akan kewalahan di jalan karena macet, mengantuk, dll. Jadi, sebaiknya jadwalnya dibuat lebih efektif lagi dan alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kondisi serta jadwal kuliah.
    • Sebaiknya fasilitas perangkat komputer yang dapat digunakan, disesuaikan dengan jumlah rata-rata per kelas. Karena materi "internet" seharusnya difasilitasi oleh komputer berjaringan internet, agar terhubung langsung dengan internet. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mencari artikel untuk mengisi Tugas Pendahuluannya.
Akhir kata, untuk menutup artikel ini sekaligus sebagai menutup Laporan Akhir materi Search Engine secara keseluruhan, saya minta maaf sebesar-besarnya bila ada ucap kata yang salah apalagi menyinggung perasaan. Tujuan posting kali ini juga semoga dapat berguna bagi kegiatan  Laboratorium Internet Dasar di kemudian hari. Mohon maaf juga apabila tugas kali ini kurang tepat waktu dan terima kasih karena kakak-kakak tutor sudah memberi kenyamanan dalam kegiatan penyampaian materi walaupun keadaan apa adanya. Sekian dari saya, terima kasih dan selamat menjalani aktifitas. ~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~

Oleh:
*  Nama               :Princess Gladys Ingrid
*  NPM / Kelas     :15111582 / 1KA21
*  ATA / PTA        : 2011 / 2012
*  LA Praktikum   : Laboratorium Internet Dasar
*  Materi              : Search Engine (Soal Nomor 3)
*  Tentang           : Kesan dan Pesan Lab. Internet Dasar
*  Ass. Lab           : Febri Arrum D (Kak Arrum)
*  U N I V E R S I T A S  G U N A D A R M A

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR