Blinking Cartoony Heart Girly Doll
Monday 10 October 2011
 KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH  
1. Komputer Analog


“Komputer Analog” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog  (lawan / dual dari level digital. Level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier). 

Bekerja secara paralel (Analog) untuk mengolah data yang bersifat continue dan bukan data berbentuk angka, tetapi datanya dalam bentuk besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) yaitu seperti arus listrik, tekanan, temperatur, gelombang suara, kecepatan, dll.

Contoh: Amperemeter, Barometer, Voltmeter, Termometer

2. Komputer Digital 

Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol).Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Bekerja berdasarkan operasi hitung yang variabelnya dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Pemecahan masalahnya dilakukan secara aritmatik dan logik (kuantitatif) .
Digunakan utk data berbentuk angka atau huruf.Yang memiliki keunggulan :

  • Memproses data lebih tepat sesuai yang kita inginkan
  • Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses
  • Dapat melakukan operasi logika
  • Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
  • Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar
Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
  • Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya.
Contoh: Kalkulator, Apple Iie, IBM PC

3. Komputer Hybrid

adalah jenis Komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.


Contoh :  komputer yang digunakan untuk mengukur detak jantung pasien di rumah sakit atau komputer yaitu ECG (electro cardio graph), USG, komputer untuk robot-robot pekerja di pabrik, dll

B. KOMPUTER BERDASARKAN UKURAN
1. MicroComputer

Menggunakan mikroprosesorsebagai CPU utamanya. Komputermikro juga dikenal sebagai Personal Computer(PC ), Home Computer, atauSmall-business Computer.

Desktop Computer: Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bhakan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentukdesktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
  • Komputer Laptop; Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku di paha, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, semua komponennya dibuat menyatu.
  • Komputer NoteBook; Sesuai dengan jenisnya ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, bentuk dan ukurannya hampir sama dengan komputer Laptop.
  • Komputer SubNotebook; Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
  • Komputer Palmtop; Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai.

2. Mini Computer

Adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengahdi bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (mid range system) dalam duniaIBM, stasiun kerja (workstationDalam dunia Sun Micro systems dan UNIX/Linux serta server.

Contoh: PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) pada tahun 1965, VAX(Virtual Address eXtension) dari (DEC) tahun 1970-an, Xerox Star komputer dengan antar muka grafis (GUI) pertama di dunia, IBM System/370

3. Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer)

Adalah sebuah antar muka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute). Antar muka ini digunakan untuk menangani perangkat input/output atau perangkat media penyimpanan. Perangkat yang umum menggunakan SCSI adalah hard disk, CD-ROM, scanner,atau printer. SCSI adalah yang paling umum digunakan untuk hard disk dan drive tape, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk scanner dan CD drive.

4. Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer)

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal 

5. Large Computer (Mainframe Computer)


Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small. 

6. Super Computer

adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.
C.KOMPUTER BERDASARKAN KEGUNAAN
1. Special Purpose Computer

. Komputer yang dirancang untuk kebutuhan khusus
. Program tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya . Dapat berupa komputer analog maupun digital . Umumnya adalah komputer analog

2. General Purpose Computer

. Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam kegunaan dan masalah
. Dapat berupa komputer analog maupun digital . Umumnya adalah komputer digital yang lebih mudah
D. Menurut Komponen Elektronika (Processor)
1. Mainframe Computer
Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.

2. Mini Computer
Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.

Personal Computer (PC) 
Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC). Komputer ini memiliki semua perangkat IPO yang telah dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan kegunaannya.

E. Menurut Bentuk dan Ukuran Fisik

1. Komputer Tower
Ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak.

2. Komputer Portable
Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebasportable artinya mudah dibawa-bawa.

LAINNYA

PDA, Personal Digital Assistants
PDA adalah komputer canggih yang menggunakan flash memory sebagai pengganti media penyimpanan. PDA tidak memiliki keyboard, namun menggunakan teknologi layar sentuh (touchscreen) sebagai media input. PDA mempunyai ukuran yang sangat kecil, sedikit diatas ukuran handphone dan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.


Komputer Workstation
Workstation sebenarnya adalah komputer desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tinggi, seperti aplikasi 3 dimensi, grafik, multimedia dan lain sebagainya.


Wearable Computer
Wearable Computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang komputer, yaitu perangkat komputer menyatu seperti layaknya pakaian saja. Aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya. Sehingga perangkat komputer sudah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari.

0 comments:

UNIVERSITAS GUNADARMA

CLOCK

Cute Rocking Baby Monkey

MY PROFILE

Powered by Blogger.

CALENDAR